Spam istilah lainnya junk mail merupakan penyalahgunaan dalam pengiriman berita
elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan
ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi:
spam surat elektronik, spam instant messaging, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari
informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam,
spam forum Internet, dan lain lain.
Spam ini biasanya datang bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh
penerimanya. Beberapa contoh lain dari spam ini bisa berupa surat elektronik berisi iklan,
sms pada telepon genggam, berita yang masuk dalam suatu forum newsgroup berisi promosi
barang yang tidak terkait dengan aktifitas newsgroup tersebut, spamdexing yang mendominir
suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu,
ataupun bisa berupa berita yang tak berguna dan masuk dalam suatu blog, buku tamu situs
web, dan lain-lain.
Tujuan orang-orang yg tidak kita kenali mengirim spam diantaranya adalah
Media publikasi dan promosi
Media pishing untuk menggaet si penerima spam.
Media penyebaran virus & worm.
Dampak dari spam ini adalah
Waktu terbuang untuk mengidentifikasi dan membuang e-mail sampah ini
Harddisk menjadi penuh karna isi spam (sampah) yg tak terpakai
Biaya koneksi ke ISP membengkak akibat SPAM.
Virus – Trojan menyusup dalam e-mail SPAM bisa mnjadi masalah yg besar
Untuk mengatasi spam langkah2 yang bisa diambil adalah
Memakai antivirus yang mendukung anti spam
Memberi filter untuk spam pada router ato server email dan smacamnya
Gunakan firewall bawaan OS dan personal firewall
Aktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server e-mail
Gunakan fasilitas mail filtering yang ada di Outlook Express
Sumber : https://linuxriza.wordpress.com/sistem-operasi-komputer/artikel-networking/pengertian-cara-mengatasi-spam/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar